Sikapi Gangguan Keamanan, Bupati Intan Jaya Keluarkan Surat Edaran

SUGAPA – Dalam rangka pengendalian ketenteraman dan ketertiban umum di wilayah Kabupaten Intan Jaya menjelang peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni, SS, M.Si, mengeluarkan Surat Edaran (SE). Dalam SE ini, Bupati Natalis menyampaikan himbauannya seiring terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Intan Jaya umumnya di Kota Sugapa khususnya. Beberapa kejadian di Kabupaten Intan jaya telah mengakibatkan jatuhnya korban menjelang peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020

Dalam SE, poin pertama disebutkan, seluruh masyarakat Kabupaten Intan Jaya diminta untuk meningkatkan kewaspadaan diri dengan tidak melakukan kegiatan/aktivitas di luar rumah mulai tanggal 16 sampai dengan 18 Agustus 2020 mulai pukul 19.00 sampai dengan 06.00 WIT termasuk masyarakat dilarang beraktivitas di kebun.

Kedua, kepada seluruh masyarakat yang hendak berkunjung atau masuk ke Kota Sugapa dilarang untuk membawa senjata tajam (busur, parang) dan sebagainya. Apabila kedapatan akan disita oleh pihak keamanan.

Ketiga, seluruh angkutan ojek baik yang dilakukan oleh OAP maupun non OAP dilarang beroperasi selama masa peringatan HUT RI ke-75 sampai ada pemberitahuan resmi dari pihak keamanan.

Keempat, apabila masyarakat menemukan, melihat hal-hal yang tidak biasa disekitarnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan agar segera melapor kepada keamanan terdekat.

Kelima, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)/TPN-OPM yang saat ini berada di wilayah Kabupaten Intan Jaya diminta untuk menahan diri dan tidak melakukan gangguan keamanan pada peringatan HUT RI ke-75 tahun 2020 yang dapat merugikan masyarakat, dan merusak kredibiltias pemerintah daerah.

Keenam, diminta kepada seluruh unsur keamanan yang bertugas di wilayah Kabupaten Intan Jaya untuk meningkatkan kewaspadaan, serta meningkatkan pengamanan wilayah sesuai dengan protap yang berlaku.

Seperti diinformasikan sebelumnya, pada Sabtu (15/8) sekitar pukul 13.30 WIT, Pemerintah Kabupaten Intan Jaya dipimpin Bupati Natalis Tabuni, SS, M.Si dan Wakil Bupati Yann R. Kobogoyauw, S.Th, M.Div, mengadakan gladi bersih peringatan HUT RI ke-75. Sekitar pukul 14.45 WIT, mendapat informasi telah terjadi penembakan yang dilakukan oleh Orang Tak Dikenal (OTK) kepada warga Intan Jaya asal Sulawesi, LYU.

Setelah mendapatkan laporan kejadian, Bupati Natalis langsung memerintahkan Kepala DPMK Kabupaten Intan Jaya, Yoakim Mujizau dan Kapolsek Sugapa, Perwira Penghubung untuk menemui korban. Saat ditemui, korban membenarkan jika telah ditempak oleh OTK. Korban telah menjalani tindakan medis di Puskesmas Sugapa. Korban dalam keadaan sadar dan masih bisa berkomunikasi. Korban terkena tembakan dibagian kanan bahu atas tembus di dada.

Menurut penuturan korban, OTK tersebut awalnya datang ke kios milik korban untuk meminjam ballpoint untuk rumus Togel. Samun saat korban berbalik akan mengambil ballpoint, OTK tersebut melakukan penembakan dari arah belakang korban menggunakan senjata api laras pendek. Saat ini sedang dilakukan pengamanan oleh TNI/POLRI yang ada di Kota Sugapa. (ros/ist)

Sumber: http://www.papuaposnabire.com/News/Read/8322-sikapi-gangguan-keamanan-bupati-intan-jaya-keluarkan-surat-edaran

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on print
Print
Share on email
Email